Kamis, 29 September 2016

Pengertian Dongeng, Jenis dan Ciri-Cirinya

Pengertian Dongeng, Jenis dan Ciri-Cirinya

Menurut Wikipedia, Dongeng merupakan bentuk sastra lama yang bercerita tentang suatu kejadian yang luar biasa yang penuh khayalan yang dianggap oleh masyarakat suatu hal yang tidak benar-benar terjadi. Dongeng merupakan bentuk cerita tradisional atau cerita yang disampaikan secara turun-temurun dari nenek moyang. Dongeng berfungsi untuk menyampaikan ajaran moral, dan juga menghibur.

Jenis-Jenis Dongeng

Dongeng dibedakan menjadi tujuh jenis, yaitu mite, sage, fabel, legenda, cerita jenaka, cerita pelipur lara dan cerita perumpamaan. ada juga istilah-istilah baru dalam waktu mendongeng, contoh : Dongeng Sebelum Tidur

Ciri Khas Dongeng

Dongeng biasanya diceritakan dengan alur yang sederhana. Penulisan dongeng ditulis dalam alur cerita yang singkat dan bergerak cepat. Saat menceritakan atau menulis dongeng biasanya karakter tokoh tidak diceritakan secara rinci. Dongeng biasanya ditulis seperti gaya penceritaan secara lisan. Serta pendahuluan dalam cerita sangat singkat dan lansung pada topik yang ingin diceritakan. 

Itulah sekilas tentang Pengertian Dongeng. Bila anda ingin mengetahui cara mendongeng yang baik untuk anak, bisa anda lihat disini Cara Mendongeng Yang Baik.

Pengertian Dongeng, Jenis dan Ciri-Cirinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dunia Dongeng